Makanan Yang Sangat Segar Dari Suku Batak Yaitu DAUN UBI TUMBUK

                                                      sumber gambar: google.com
Saya gemar sekali masak, setiap hari saya masak untuk keluarga saya.
Keluarga saya kagak pernah tuh Pindah ke lain hati, hehehehe!! Maksudnya keluarga saya selalu menungu masakan dari saya, tidak mau yang namanya makanan luar.
X Ini saya ingin berbagi resep kepada ibu-ibu Agar Keluarganya tidak Lari ke Lain Hati.hahahah
Ini adalah Salah satu Masakan Batak,  yaitu DAUN UBI TUMBUK. 
Adapun bahan dan langkah cara memasaknya yaitu :

Bahan-bahan
  • 1 ikat daun singkong muda, petiki daunnya saja 
  • 10 buah tekokak 
  • 10 cm batang honje/rias/kecombrang, potong" agar mudah ditumbuk 
  • 1siung bawang putih 
  • 4 siung bawang merah 
  • 1-2 sdt air jeruk nipis 
  • 1 buah santan kental instant ukuran kecil (65ml) 
  • secukupnya air, supaya berkuah sesuaikan selera sj 
  • garam, gula, kaldu ayam bubuk secukupnya sesuai selera 
Langkah
  • Tumbuk daun singkong hingga setengah halus, masukkan tekokak + batang honje/rias/ kecombrang + bawang putih + bawang merah, tumbuk kembali hgg halus. 
  • Tuang santan kental instant + air + garam + gula + kaldu ayam bubuk + air jeruk nipis, masak dgn api kompor sedang. Aduk" agar santan tidak pecah. Koreksi rasa. 
  • Setelah campuran santan mendidih, masukkan campuran daun singkong yg telah ditumbuk tadi, aduk rata hgg sayur mendidih kembali. Matikan api kompor. 
  • Siap disajikan dgn nasi putih dan balado teri medan ( Nanti akan saya Kasih Resep nya Ibu-ibu)
  • Batang honje/ rias/ kecombrang yg belum dan setelah dikupas kulit luarnya (yg digunakan untuk memasak yaitu dalamnya yg berwarna agak merah jambu) membuat sayur ini asam segar dgn wangi yg khas, ini Contoh nya Buk 
                                              sumber image: google.com
  • Siap Untuk di santap 
Share on Google Plus

About Seputar Cikarang

0 comments:

Post a Comment